Ngeliat video ini, jadi inget…

Nama Immanuel ada dalam kitab PL, Yesaya 7:14… Konon ini ayat nubuatan buat Yesus Kristus…

Tanpa bermaksud ikut-ikutan nubuatan,

*karena menurut http://www.hebrew-streams.org/works/hebrew/yeshayah714.html , itu tensenya perfect bukan future*

jadi inget kata-kata “إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا” di video ini…

Beberapa hari lalu, tafsir Al-Mishbah membahas Asy-syuara (QS ke 28) ayat 62

(62). قَالَ كَلَّا ۖإِنَّ مَعِيَ رَبِّي سَيَهْدِينِ
Musa menjawab: “Sekali-kali tidak akan tersusul; sesungguhnya Tuhanku besertaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku”.

Walopun Musa AS bersama kaumnya saat dikejar Firaun, beliau AS menggunakan kata subjek “aku” seperti “besertaku” dan “kepadaku”.

Nabi Muhammad SAW juga pernah dikejar saat hijrah ke Madinah, rombongan terakhir yang hanya berdua dengan Abu Bakar ra..

Dalam At-taubah (QS ke 9)
(40). إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖفَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗوَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗوَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya ALLAH BESERTA KITA.” Maka Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Nabi Musa as walopun beramai-ramai, selalu menggunakan subjek “aku”, sedang Nabi Muhammad SAW walopun sendiri (seperti berdoa), selalu menggunakan subjek “kami/kita” karena Nabi Muhammad SAW selalu menyertakan umatnya bersamanya!

View on Path

Tinggalkan komentar