Bigo live ini…

Mirip mIRC jaman gw SMA dulu!

Aselik…

Tiap abis sekolah, ama temen-temen main ke warnet CUMA BUAT NGOBROL SAMA ORANG YANG KENAL JUGA KAGAK!

bedanya, bigo live ini versi tatap mukanya! (Mukanya si broadcaster doank sih!)

Pada dasarnya, orang-orang tuh suka bersosialisasi sama orang asing ya gak sih?

Cuma, kalo di dunia nyata, ga nyaman aja (mulai) ngobrol ama orang baru!

Tapi kalo udah ngobrol, malah ga mau udahan! (Eh itu sih gw! :p)

View on Path

لولا أن أشقَّ على أمَّتي لأمرتهم بالسواك عند كلِّ صلاة

“Sekiranya tidaklah memberatkan umatku, maka aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali hendak sholat.”(HR. Bukhari [887] dan Muslim [252]).

Orang Indonesia jaman dulu bisa ga sakit gigi gimana cara?

View on Path

Seorang temen gw pernah nanya, “Za, lo dugem gak minum! Ke pijet ples-ples gak esek-esek! Trus lo ngapain kesono!”

Dan gw pun lantas tergelak…

Tentu jawabannya gampang, “gw takut sama Allah SWT!” #ahsyedaff

Tapi, pasti responnya “yeah right, dude!” atau “whatever!”…

Jadi, gw jawablah dengan jawaban yang ilmiah…

Otak kita itu brilian! Tapi juga sebenernya bodoh! Kitalah sebagai pengambil keputusan yang cerdas! Celakanya, kita terhubung sama otak kita!

Dalam otak kita, ada yang namanya “ganglia basal”! Sebagian lainnya mengenal dengan “otak reptil”! Otak paling primitif!

Kalo lo bisa nyetir sambil nginjek gas / rem / kopling trus ngeliat jalan sambil nyanyi-nyanyi denger musik, itu kerjaannya si “otak reptil” ini! Semuanya jadi otomatis!

Karena mikir itu tugasnya “neo-korteks”, lapisan paling luar dari otak! (yang menyentuh tengkorak)

Otak primitif kita mengenal 2 hal, menghindari sengsara (80%) dan mencari kenikmatan (20%)!

Singkatnya (gw ngejelasin lebih panjang x lebar sih), selama “otak reptil” lo menyimpan informasi “kenikmatan duniawi”, dimana ujung-ujungnya lo mau berhenti, ada 3 cara gimana lo bisa berhasil 100% untuk berhenti melakukan “kenikmatan duniawi” (yang sebenernya merusak tubuh)..

1. Lo belah otak lo, trus lo ambil ganglia basal alias si otak reptil, dengan efek samping, lo seumur hidup terus belajar berjalan (baca: kebiasaan)

2. Lo imajinasikan hal-hal yang paling buruk yang akan menimpa lo kalo terus-terusan mencecap “kenikmatan duniawi” ini! (Dengan catatan, imajinasinya betul-betul kuat!)

atau

3. Tidak pernah melakukan “kenikmatan duniawi” sama sekali! Bahkan sekalipun! Bahkan coba-coba!

Nah, kalo gw sih pilih yang paling gampang! Ya no 3! 😁

View on Path