Punya rencana rutinitas baru…

Solat berjamaah!

Karena…. Gw manusia paling gak disiplin! 😢✌

Charles Duhigg bilang dalam bukunya “the power of habit”, untuk mengubah kebiasaan, ubah rutinitasnya! Walopun rutinitas itu bisa jadi ga berhubungan dengan kebiasaan yang mau diubah, kebiasaan-kebiasaan lainnya juga bisa ikut berubah!

Untungnya, beberapa imam mazhab beda pendapat tentang solat berjamaah di mesjid!

Imam Syafi’i (yang banyak dianut muslim Indonesia) berijtihad Fardhu Kifayah…

Tapi…

Imam Asy Syafi’i mengatakan:

وأما الجماعة فلا ارخص في تركها إلا من عذر

“Adapun shalat jama’ah, aku tidaklah memberi keringanan bagi seorang pun untuk meninggalkannya kecuali bila ada udzur.” [7] Pendapat Imam Asy Syafi’i ini sangat berbeda dengan ulama-ulama Syafi’iyah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

والذي نفسي بيده لقد هممت أن آمر بحطب فيحطب ثم آمر بالصلاة فيؤذن لها ثم آمر رجلا فيؤم الناس ثم أخالف إلى رجال فأحرق عليهم بيوتهم

”Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, ingin kiranya aku memerintahkan orang-orang untuk mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku perintahkan mereka untuk menegakkan shalat yang telah dikumandangkan adzannya, lalu aku memerintahkan salah seorang untuk menjadi imam, lalu aku menuju orang-orang yang tidak mengikuti sholat jama’ah, kemudian aku bakar rumah-rumah mereka” (HR. Bukhari – Muslim)

View on Path

Tinggalkan Balasan

