Jadi, temen gw (yang pake baju biru) udah mulai solat…

Ngerasa kualitas solat temen gw kurang (maaf banget bukan mau nyombong),

takutnya bacaan Al Fatihahnya salah tajwidnya, atau gerakan solatnya ga thumaninah

(alfatihah dan gerakan thumaninah itu rukun solat, rusak / salah rukun solat, rusak juga solatnya (baca: bisa harus diulang))..

Ya jadi gw ga bermakmum ke temen gw…

Nah, sebelum gw takbiratul ihram, bapak disebelah kiri gw (yang lagi doa) ngeliat gw,

ngeliat gw takbiratul ihram, tiba-tiba si bapak berdiri di kiri gw sambil nepuk bahu temen gw!

Posisi gw di sajadah kuning/orange..

GW KHAN NIATNYA “MUNFARIDAN”!

KACAU UDAH DUNIA PERSILATAN!

PADAHAL, SEBELUM GW TAKBIRATUL IHRAM, DIA KHAN BISA NANYA / NAWARIN JADI MAKMUM!

DIKIRA KALO UDAH NIAT MUNFARIDAN, TRUS ADA DI POSISI MAKMUM TRUS OTOMATIS JADI MAKMUM!

Akhirnya, gw ngalah pura-pura ikut jadi makmum! Malah kaga khusyu dah gw!

Untung rakaatnya bareng!

Kalo temen gw rakaat kedua gw masih rakaat pertama, masa temen gw duduk iftirasy, gw bangun? Moso temen gw rakaat ketiga, gw tiba-tiba duduk iftirasy?

Kecuali rukun solatnya salah atau kelebihan rakaat, solat fardhu ya ga bisa diulang!

Makanya! Belajar dulu ah!

*jadi kezel khan gw!

*mana ada orang abis solat malah kezel?

View on Path

Tinggalkan Balasan

