Biasa nih tanggal-tanggal segini heboh “boleh gak sih mengucapkan selamat Natal?”…

Di kalangan Ulama sendiri, ada 2 pendapat kuat…

Ulama-ulama terdahulu mayoritas menyatakan “tidak boleh”!

Ulama-ulama kontemporer lumayan banyak yang menyatakan boleh! Dalilnya pun kuat…

Kalo gw gimana?

Gw sih gampang aja…

1. Di beberapa tafsir, surah Al-Hajj 40 menyinggung agar kaum Muslim pun menjaga rumah ibadah non-muslim dan melindungi kegiatan ibadahnya! (Non muslim disini spesifik non muslim yang memang berhubungan baik, bukan yang suka memerangi)

2. Bolehnya kaum Muslim mendoakan non-muslim! Di beberapa hadis spesifik, hanya non muslim yang masih hidup yang boleh didoakan…

Jadi…

Mendoakan non muslim serta melindungi kegiatan ibadah mereka boleh toh?

In my case, alih-alih ribut boleh enggaknya mengucapkan selamat Natal,

Gw akan senang hati mendoakan teman dan kerabat gw yang non muslim…

“Semoga dalam perayaan Natal kali ini dan seterusnya, kalian diberi keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan perayaan Natal!”

View on Path

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s