#FezaSoliloquy sama seperti yang gw pikirkan, orang-orang kayalah penggerak perekonomian.

Postingan pertama #FezaSoliloquy nih! 😁

Jadi… Kenapa Amerika bisa sangat kaya?

Fakta dan (tentu saja) narasi yang dibawakan Profesor Burton Folson, Profesor ilmu sejarah dari Hillsdale Collage disini amat sangat menarik dan menambah khazanah informasi gw pribadi..

Lalu ku terkenang akan mantan… eh masa lalu bersamanya… eh akan masa yang telah silam maksudnya! πŸ˜’πŸ˜’πŸ˜•πŸ˜‚πŸ˜‹βœŒ

Jadi gini yah…

Gw tuh dari dulu punya pemikiran, ekonomi bergerak salah satunya karena adanya belanja negara. Adanya outflow. Lalu, dari manakah inflownya?

Buat yang bingung apa itu outflow sama inflow, outflow itu uang keluar. Kalo inflow? Uang masuk? Tepatnya uang kedalam.

Karena antonim dari kata “keluar” ya “kedalam”, khan? Ahahahaha πŸ˜‹βœŒ

Oke… Sekadar intermezzo yang tidak lucu..

Balik lagi ke outflowinflow, dari mana inflow negara kita?

Bisa dari berbagai macam, jelas porsi yang terbesar (bisa hingga 3/4 lebih) dari pajak.

Menurut artikel dari laman resmi pajak, (http://www.pajak.go.id/content/article/penerimaan-pajak-non-pph-migas-2016-tumbuh-2915)

60% penerimaan pajak non migas berasal dari PPh!

Singkatnya, penghasilan (baca: objek pajak penghasilan) adalah hasil dari kegiatan produktif yang dilakukan oleh orang-orang kaya (well, kaya yang gw maksud disini relatif sih).

Bahkan 36% penerimaan pajak non migas berasal dari PPN dan PPnBM yang juga (gw asumsikan) dihasilkan oleh orang-orang kaya melalui belanja rumah tangga dan lain-lain sih.

Jadi, suka gak suka, terlepas dari (mungkin) kelakuan yang tidak kita sukai dari orang-orang kaya, negara “berhutang” kepada aktivitas produktif mereka.

Well….

Itu dari sudut pandang penerimaan negara berupa pajak non migas.

Belum dalam hal lainnya, seperti masuknya investasi dan perluasan lapangan pekerjaan.

OOT: Pemikiran ini timbul karena gw melihat buruknya hoax dan ujaran kebencian yang disebarluaskan melalui ponsel pintar, ketika pilkada DKI Jakarta 2017 kemaren nih, dimana gw lihat orang-orang kaya kesannya negatif.

Mungkin memang ada, mungkin juga sebagian besar, atau mungkin semua orang-orang kaya tersebut berkelakuan sebagaimana yang disebarluaskan.

Dan bukan juga gw membela orang-orang kaya ini.

Arifnya (baca: bijaksananya), kita juga harus berlaku adil kalo mereka jualah yang menggerakkan ekonomi perekonomian negara kita.

Kalo menurut lo gimana? Ada pendapat gw yang kurang tepat? Atau menurut lo salah sama sekali?

Jangan ragu komen yah.. 😁

Sumber foto: https://youtu.be/cHfsk8iL_C0

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s